Senin, 30 November 2009

SPESIALISASI


SPESIALISASI AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Salah satu program diploma yang diandalakan oleh Sekolah tinggi Akuntansi negara adalah spesialisasi/jurusan Akuntansi.

Pendidikan ini menyiapkan tenaga ajun akuntan/ahli madya yang siap kerja dalam bidang akuntansi dan audit sektor publik/pemerintahan yang akan disiapkan sebagai staff keuangan di instansi Departeman keuangan R.I.

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan , ketrampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ajun akuntan/ahli madya yang kompeten dan mampu memecahkan permasalahan dalam bidang akuntansi dan audit sektor publik/pemerintahan.

Pendidikan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi yang berhasil akan menghasilkan tenaga ajun akuntan/ahli madya yang mampu secara mandiri melaksananakan dan mengkoordinasikan: proses pencatatan akuntansi dan pelaporan keuangan; penyusunan rencana audit keuangan; pekerjaan audit keuangan; persiapan penyusunan laporan audit;memahami sistem akuntansi.baik untuk instansi pemerintah, BUMN/BUMD, dan yang lainnya.

Selain program Diploma III ,STAN juga menyediakan pendidikan Diploma IV yang setara dengan S-1 .Mahasiswanya tidak lain adalah lanjutan dari Program Diploma III,baik yang langsung ke jenjang D IV karean berprestasi atau sudah menjalankan ikatan dinas sminimal selama 2 (dua)tahun di instansi Pemerintah

 

SPESIALISASI PERPAJAKAN

Spesialisasi perpajakan ini dipersiapkan secara profesional sebagai pegawai dibawah lingkungan Direktorat Jendral Pajak (DJP) .

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten dan mampu bekerja dalam bidang administrasi perpajakan dan penghitungan pajak terutang.

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan menjadi tenaga ahli madya yang siap kerja dalam bidang administrasi perpajakan dan penghitungan pajak terutang.

Pendidikan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Perpajakan yang berhasil akan menghasilkan tenaga ahli madya yang siap kerja dalam bidang administrasi perpajakan dan penghitungan pajak terutang yang mampu:mengerjakan administrasi perkantoran; menatausahakan data perpajakan, penerimaan dan restitusi, penagihan,keberatan dan tata usaha perpajakan; meneliti/memeriksa SPT/SPPT dan menghitung pajak serta menetapkan sanksi administrasi perpajakan;melaksanakan pelayanan prima pada tempat pelayanan terpadu (TPT); melaksanakan penatausahaan pemungutan penerimaan negara yang berasal dari pajak verifikasi; melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi perpajakan.

 

SPESIALISASI KEPABEAAN DAN CUKAI

Hanya ada satu Perguruan Tinggi yang membuka pendidikan Bea Cukai dia Indonesia.Diamana lagi kalau bukan di STAN.Pendidikan di STAN ini mempersiapkan tenaga –tenaga handal yang dipersiapkan menjadi pegawai di instansi Direktorat Jendral Bea dan Cukai

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten dan mampu bekerja di bidang keuangan, kepabeanan dan cukai serta auditing kepabeanan dan cukai.

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan menjadi tenaga ahli madya yang siap kerja di bidang keuangan, kepabeanan dan cukai serta auditing kepabeanan dan cukai.

 Pendidikan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai yang berhasil akan menghasilkan tenaga ahli madya yang siap kerja di bidang keuangan, kepabeanan dan cukai serta auditing kepabeanan dan cukai.yang mampu: mengidentifikasikan dan mengklarifikasikan barang; mengadministrasikan penerimaan bea dan cukai; melakukan pekerjaan audit kepabeanan dan cukai;baik di kantor-kantor Bea dan Cukai maupun di tempat pengguna jasa kepabeanan dan cukai.

Materi perkuliahan seputar kegiatan bea dan cukai misalnya di kawasan pelabuhan,bandara ,verifikasi dan auditing kepabeaan serta menangani masalah penyelundupan.

Setelah melalui masa perkuliahan selama 3 tahun.lulusan Prodip ini menjalani pendidikan dasar militer yang dilatih oleh pihak Kopassus.

 

SPESIALISASI PENILAI/PAJAK BUMI BANGUNAN

Spesialisasi ini adalah jurusan yang mempelajari bagaiman menilai/menaksir kekayaan para wajib pajak,baik dalam bentuk harta tanah dan bangunan.Penilai disini dipersiapkan untuk menjadi tenaga profesional dalam menilai Nilai Jual obyek pajak sebagai dasar pengennaan pajak ,khususnya Pajak Bumi Bangunan.

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten dan mampu bekerja sebagai pejabat fungsional penilai PBB.

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan menjadi tenaga ahli madya yang siap kerja sebagai pejabat fungsional penilai PBB.

Pendidikan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Penilai/PBB yang berhasil akan menghasilkan tenaga ahli madya yang siap kerja sebagai pejabat fungsional penilai PBB yang mampu: menyusun konsep perencanaan, pendataan dan penilaian; melakukan pengumpulan data obyek PBB ; mengadministrasikan data OP PBB dan BPHTB; mengoperasikan komputer perkantoran dan aplikasi komputer SISMIOP; menatausahakan data PBB/BPHTB dan pengukuran bidang obyek PBB; melaksanakan penilaian properti untuk menentukan ZNT dan NJOP serta membuat peta desa, blok, dan ZNT ; memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai pendataan dan penilaian PBB; memberikan pelayanan prima (pelayanan satu tempat).

Lama pendidikan ditempuh dalam waktu 3 tahun.Spesialisasi ini cukup berbeda dalam hal pelaksanaan Praktek kerja lapangan (PKL),karena lama PKL dijalani selam semster 5 yaiotu 6 bulan lamamya.banyak dari Mahasiswa yang melakukan PKL didaerahnya sendiri sekalian balik kampung….

Mata kuliah keahlian yang diajarkan di STAN hampir sama dengan Mata kuliahnya mahasiswa teknik sipil lho…misalnya teknik bangunan,ilmu ukur tanah,Penilaian,perencanaan kota dan lainnya.

Dari pihak instansi bagi para pegawai dari jurusan ini,yang berprestasi dapat melanjutkan tugas belajar S-1 di UGM dan ITB ,terlebih lagi ada juga kesempatan melajutkan ke S-2 di Luar negeri misalnya malaysia.

Lulusan dari spesialisasi ini juga berkesempatan menjai penilai swasta juga lho.Misalnya diperusahaan yang mau go public  atau menjadi karyawan bank yang tugasnya menilai harta tangguhan/jaminan nasabah yang ingin mohon pinjaman bank.Atau bisa juga menjadi karyawan di perusahaan bidang real estate yang tugasnya menilai layak tidaknya suatu proyek.

 

SPESIALISASI KEBENDAHARAAN NEGARA / ANGGARAN

Mahasiswa jurusan ini dipersiapkan untuk menjadi tenaga operasional diabawah Direktorat Jendral Anggaran(DJA) .

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten dan mampu bekerja pada kantor Pusat Dirjen Anggaran/Kantor Wilayah Dirjen Anggaran/Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara/Kantor Verifikasi dan Penatausahaan Negara.

 

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan menjadi tenaga ahli madya yang siap kerja pada kantor Pusat Dirjen Anggaran/Kantor Wilayah Dirjen Anggaran/Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara/Kantor Verifikasi dan Penatausahaan Negara.

Pendidikan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara yang berhasil akan menghasilkan tenaga ahli madya yang siap kerja pada kantor Pusat Dirjen Anggaran/Kantor Wilayah Dirjen Anggaran/Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara/Kantor Verifikasi dan Penatausahaan Negara yang mampu: membuat konsep surat dan konsep SPM, pengarsipan dan mengisi kartu gaji; membuat SPN, aplikasi Komputer untuk Anggaran, administrasi PHLN,verifikasi dan menghitung PPN/PPH; mengisi kartu inventaris dan kartu bendum dan membuat DIP/DIK/DIKS/LK; menganalisis ketentuan-ketentuan, surat edaran Dirjen Anggaran dll.dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pengawasan,dan pengendalian anggaran.

 

SPESIALISASI PENGURUSAN PIUTANG DAN LELANG NEGARA

Lulusan dari jurusan ini ,baik D I ataupun D III ,akan ditempatkan di instansi Direktorat Jendral Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (DJPPLN).

Program ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten dan mampu bekerja sebagai pejabat/juru sita, pejabat penilai dan pemeriksa, pejabat pengurus piutang negara dan pejabat lelang.

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan menjadi tenaga ahli madya yang siap kerja sebagai pejabat/juru sita, pejabat penilai dan pemeriksa, pejabat pengurus piutang negara dan pejabat lelang.

Pendidikan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Penilai/PBB yang berhasil akan menghasilkan tenaga ahli madya yang siap kerja sebagai pejabat/juru sita, pejabat penilai dan pemeriksa, pejabat pengurus piutang negara dan pejabat lelang yang mampu: melaksanakan registrasi berkas kasus piutang dan lelang negara dan verifikasi pembukuan; melaksanakan penetapan dan penagihan jumlah piutang negara; melaksanakan eksekusi harta kekayaan lain milik debitur; melaksanakan lelang dan penggalian potensi lelang; memroses konsep rekomendasi penghapusan piutang negara dan pengawasan teknis yuridis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar